Yang Diperhatikan saat Memberikan Anak Permainan (Game) kepada Anak

Kategori



Yang Diperhatikan saat Memberikan Anak Permainan (Game) kepada Anak - Tanpa kita sadari, permainan pada anak itu dapat mempengaruhi pola pikir dan kecerdasan si anak. Banyak orang tua yang tidak menyadari hal tersebut. Mereka salah memberikan mainan kepada anak. Apalagi terhadap beberapa Game Online yang dimainkan di Smartphone, PC atau komputer anda. Hanya karena game tersebut seru, maka anda membiarkan anak anda larut pada game. Tidak apa apa. Tapi tidak bermanfaat. Saya sarankan untuk memberikan permainan yang bermanfaat yang dapat meningkatkan kecerdasan pada anak.

Ada beberapa tips yang saya sediakan dibawah ini untuk bagaimana cara memilih permainan yang baik bagi anak. Berikut tipsnya :

1. Periksa Label

Sebelum memberikan sebuah game pada anak, ada baiknya anda memeriksa label. Memeriksa label merupakan hal utama yang harus Anda lakukan. Periksa label terlebih dahulu untuk memastikan apakah mainan tersebut aman untuk anak Anda. Cara memilih mainan edukasi untuk balita harus tepat dilakukan. Pada keterangan yang tertera pada label umumnya akan terlihat usia yang seharusnya. Contohnya saja mainan untuk anak 1 tahun, mainan untuk anak 3 tahun dan lain sebagainya. Dengan memperhatikan label, setidaknya Anda tahu mainan yang tepat untuk si kecil sesuai usianya.

2. Pilih Game Yang Bermanfaat

Cara memilih mainan edukasi untuk balita lainnya yaitu dengan memilih mainan yang bermanfaat. Yang dimaksud dengan mainan edukasi merupakan mainan yang dapat meningkatkan kemampuan si kecil. Dimana kemampuan si kecil akan digali dan dirangsang menggunakan mainan tersebut. Pilihlah mainan seperti puzzle untuk anak Anda. Mainan ini cukup menarik bagi si kecil, terutama jika gambar merupakan gambar lucu dan menggemaskan. Maka si kecil akan senang bermain puzzle yang Anda berikan. Ingat ya, yang merangsang otak.

Permainan ini tidak hanya menyenangkan bagi si kecil, tetapi juga bermanfaat. Dimana si kecil akan berlatih konsentrasi dalam memecahkan masalah puzzle.

3. Pilih Yang Tahan Banting

Tips memilih mainan edukasi untuk bayi 10 bulan atau balita yaitu dengan melihat kondisi mainan tersebut. Pastikan Anda tidak memilih mainan yang tidak mudah rusak. Mainan yang mudah rusak seperti pecah ataupun patah akan bisa membahayakan anak Anda. Oleh sebab itu, saya sarankan kepada Anda sebaiknya pilihlah mainan yang terbuat dari kayu. Mainan yang terbuat dari kayu merupakan mainan yang cukup tahan banting sehingga tidak mudah rusak.

4. Pilih Yang Memiliki Wawasan

Banyak permainan Online yang membuat edukasi si anak meningkat. Cara memilih mainan edukasi untuk balita selanjutnya yaitu pilih mainan yang memiliki wawasan. Sebagai orangtua tentu Anda harus meluangkan waktu untuk si kecil. Sembari menemaninya bermain, coba ceritakanlah beberapa wawasan yang dapat merangsang otak si kecil. Si kecil akan mulai mengenal beberapa sosok serta cerita. Anda juga dapat memilih mainan yang memiliki bentuk. Contohnya saja mainan bentuk segi tiga, segi empat, lingkaran dan lain sebagainya.

Jadi kesimpulannya ialah : Pilihlan permainan yang beredukasi, baik itu game online ataupun permainan real. Bisa meningkatkan kejeniusan si kecil.

Sekian tips yang saya bawakan ini. Semoga bermanfaat bagi anda.

Baca juga : Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum

Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
 

Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

削除
Yang Diperhatikan saat Memberikan Anak Permainan (Game) kepada Anak
    Komentar(0)