Cara Menjadi Orang Tua yang Baik Bagi Anak

Kategori



Tips Parenting bagi Ibu dan Ayah Untuk Anak - Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan mental anak, salah satunya adalah keluarga. Cara didikan orang tua adalah hal yang paling pertama yang dipelajari oleh anak sekaligus ajaran yang paling dipatuhi. Kedua orang tua memiliki ikatan yang kuat dengan anak.

Di beberapa kesempatan, saya melihat ada kesalahan pengajaran bagi anak yang dilakukan oleh Ibu ataupun Ayah. Saya cukup menyayangkannya. Didikan itu akan berdampak buruk bagi mental anak. Apalagi jika sudah berbaur dengan masyarakat.

Maka, apa saja yang harus anda lakukan untuk mengantisipasi hal ini?? Silahkan anda simak tips tips yang saya tulis dibawah ini :

1. Jangan membanding-bandingkan.

Hindari membanding-bandingkan si kecil dalam hal apapun dengan yang lain. Apalagi dengan saudaranya atau anak seumurannya yang menjadi temannya. Saat yang lain sudah mulai berjalan tapi si kecil masih belajar merangkak, terima kondisi ini sebagai hal yang harus selalu disyukuri. Ingat setiap anak adalah pribadi unik sehingga menjadi tidak adil saat di banding-bandingkan dengan yang lain.

2. Terima kesalahan yang diperbuat si kecil

coba kita cermati, Orang dewasa saja masih sering melakukan kesalahan, apa lagi anak balita yang masih dalam tahap perkembangan. Jangan alergi saat si kecil melakukan sesuatu yang bertentangan dengan aturan ayah bunda. Semisal saat mereka suka memukul, alih-alih memarahi dan menghukum si kecil, cari tau apa yang memicu mereka berbuat demikian kemudian cari solusinya tepatnya agar mereka menghentikan kebiasaan buruknya.

3. Wajib Konsisten dengan aturan

Si anak yang beranjak balita masih belajar memahami aturan yang berlaku dimasyarakat, sehingga konsistensi ayah bunda dalam hal menerapkan aturan menjadi sangat penting. Semisalnya dalam hal konsistensi waktu tidur, atau saat ayah bunda ingin menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik pada si buah hati, lakukan secara konsisten agar karakter mereka dapat terbentuk sebagaimana yang diharapkan.

4. Toleran dengan kesalahan si kecil.

Poin ke empat hampir sama dengan poin kedua. Sikapi prilaku buah hati dengan bijak, saat mereka berbuat salah, belum tentu mereka merniat demikian. Mental dan emosi mereka sedang dalam masa perkembangan sehingga berbuat tidak sesuai aturan orang dewasa adalah hal biasa. Ini merupakan tugas ayah bunda untuk membimbing dan meluruskan dengan cara yang bijak saat mereka melakukan kesalahan.

5. Anda harus Percaya diri.

Menjadi orang tua terbaik adalah potensi yang dimiliki oleh setiap ayah bunda, namun sebagaimana keahlian lainya, perlu waktu dan kemauan untuk belajar. Memiliki rasa percaya diri bahwa kita bisa menjadi orang tua terbaik bagi anak-anak kita adalah modal berharga yang selalu harus ditanamkan pada setiap diri kita.

6. Evaluasi kualitas.

Kalau perlu buat catatan terlulis untuk mengevaluasi hal apa saja yang perlu kita sempurnakan dalam menjalankan tugas sebagai orang tua. Jangan sungkan untuk menerima masukan dari luar dan selalu mau memperbaiki pola didik terhadap si kecil jika dirasa ada hal yang masih belum sempurna. Tidak usah gengsi dan terlalu percaya diri juga.

Jadi itulah tips tips singkat yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga dapat menjadikan anda sebagai orang tua yang baik. Aamiin.

Baca juga : Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum

Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
 

Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

削除
Cara Menjadi Orang Tua yang Baik Bagi Anak
    Komentar(0)