Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak

Kategori



Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak - Ada berbagai maca cara mendisiplinkan anak yang dilakukan oleh orang tua. Sebagian sudah benar, namun ada juga beberapa yang menerapkan cara yang salah. Akibatnya anak akan mempunyai mental yang agak menyimpan jika berbaur dengan masyarakat.

Dengan langkah langkah yang bijak membuat anak disiplin, maka tak ayal anak anda akan mempunyai sikap dan perilaku yang sesuai dengan apa yang kita harapkan. Misalkan tidak jadi pembangkang. Anak anda akan patuh, berperilaku sopan dan santun pun jika berhadapan dengan orang lain. Anak idaman bukan??

Nah, bagaimana sih cara mendisiplinkan anak yang terbaik bagi si Anak dan Orang tua?? Silahkan baca Tips tips berikut :

1. Bertindak secara konsisten

Buatlah aturan seadil dan sekonsisten mungkin dalam hal aktifitas harian si buah hati, hal ini termasuk konsisten dalam jadwal makan, jadwal tidur siang, tidur malam, bermain dan jadwal aktivitas lainya. Mengapa harus melakukan jadwal begini? Sebab Aktifitas harian yang konsisten akan membuat si kecil merasa lebih nyaman dan tenang karena mereka tau dan memahami apa yang akan terjadi. Sebaliknya ketidak konsistenan dapat membuat mereka frustasi dan berontak yang mereka ekspresikan sebagai bentuk protes atas perasaan tidak setuju dengan orang tua.

2.Hindari suasana stress.

Setelah beberapa tahun ayah bunda mendampingi si buah hati tumbuh, ayah bunda mulai dapat mengidentifikasi hal apa saja yang dapat memicu ledakan emosi si kecil. Untuk hal ini, anda sudah terikat batin dan mengenal anak anda sejak lahir. Biasanya kondisi lapar dan ngantuk menjadi pemicu umum si kecil sedikit rewel. Ahli pertumbuhan anak menyarankan ayah bunda untuk mengantisipasi potensi ledakan emosi tersebut. Jadi hindari membawa si kecil belanja ke supermarket disaat jam tidur siang mereka. Jika ayah bunda mengajak si buah hati jalan keluar, siapkan makanan dalam tas seandainya si kecil mendadak lapar.

3. Berusaha memahami sudut pandang si kecil.

Tidak baik memaksakan kehendak orang tua kepada anak. Mengapa saya berkata demikian?? Sebab Memaksakan pendapat dan kehendak ayah bunda pada si kecil terkadang dapat berujung pada rasa frustasi si kecil yang di ekspresikan dalam berbagai cara termasuk menangis atau mengamuk. Saat ayah bunda hendak memutuskan sesuatu, cobalah untuk menggunakan prespektif si kecil. Berikan alternative pilihan pada si kecil menunjukan banhwa ayah bunda menghargai mereka. Menanyakan si kecil apakah mau membawa boneka kesayangan atau makanan kecil saat bepergian dapan membuat mereka merasa dihargai.

4.Pelajari tehnik mengalihkan perhatian si kecil.

bagian ini yang cukup sulit untuk diterapkan banyak orang tua. Biasanya mengalihkan perhatian si kecil pada benda atau aktifitas lainya jauh lebih efekstif ketimbang larangan berbentuk ucapan. Misalnya saat si kecil bermain bola di ruang makan, alihkan perhatian si buah hati dengan mengganti bola dengan buku cerita kesukaanya atau arahkan agar mereka bermain bola dihalaman belakang.

5.Berusaha tetap tenang.

Emosian ayah dan Ibu harus dapat ditahan. Tidak mudah memang menjaga emosi saat si kecil ‘mengabaikan’ ucapan ayah bunda atau saat si kecil ‘ngamuk’ di tempat umum gara-gara keinginanya tak dipenuhi, namun ledakan emosi ayah bunda bukanlah solusi, dalam banyak kasus emosi atau bahkan tindakan kekerasan orang tua malah akan memperburuk keadaan. Jika bunda mulai merasa emosi, berikan waktu pada diri sendiri untuk tenang, kemudian cari solusi untuk menenangkan si buah hati.

7.Tau kapan waktunya harus ‘menyerah’.

Ada kalanya ayah bunda tidak perlu ‘bersitegang’ dengan si kecil misalnnya saja saat mereka mau membawa boneka kesayangan ke supermarket atau mau mengenakan kostum pahlawan super saat pergi kerumah nenek. Untuk hal-hal sederhana yang tidak prinsipil, menghabiskan waktu dan tenaga untuk berargumentasi dengan si kecil menjadi tidak perlu dilakukan.

Jadi gimana pendapat ayah bunda?? Bisa menerapkan enam prinsip ini bukan?

Sekian pembahasan singkat saya pada topik ini, semoga bermanfaat bagi anda.

Baca juga : Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum

Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
 

Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

削除
Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak
    Komentar(0)