Resiko Keamanan bagi Seorang Petani

Kategori



Resiko Keamanan Petani Dunia - Seperti yang kita ketahui bersama, bahwasanya setiap pekerjaan di muka bumi ini memiliki resiko. Resiko apapun itu. Termasuk salah satunya ialah kematian.

Pekerjaan yang memiliki tingkat resiko kematian adalah salah satunya Pertanian. Mengapa?? Silahkan anda simak penjelasan singkat dibawah ini.

Resiko Kematian pada Pertanian

Pertanian merupakan industri yang terbilang sangat berbahaya. Petani di seluruh dunia bekerja pada risiko tinggi terluka, penyakit paru-paru, hilangnya pendengaran, penyakit kulit, juga kanker tertentu karena penggunaan bahan kimia dan paparan cahaya matahari dalam jangka panjang. Pada pertanian industri, luka secara berkala terjadi pada penggunaan alat dan mesin pertanian, dan penyebab utama luka serius. Pestisida dan bahan kimia lainnya juga membahayakan kesehatan.

Pekerja yang terpapar pestisida secara jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan fertilitas. Di negara industri dengan keluarga yang semuanya bekerja pada lahan usaha tani yang dikembangkannya sendiri, seluruh keluarga tersebut berada pada risiko. Mengapa demikian? Penyebab utama kecelakaan fatal pada pekerja pertanian yaitu tenggelam dan luka akibat permesinan.

Data Kematian Akibat Kecelakaan Pada Sektor Pertanian

ILO menyatakan bahwa pertanian sebagai salah satu sektor ekonomi yang membahayakan tenaga kerja. Diperkirakan bahwa kematian pekerja di sektor ini setidaknya 170 ribu jiwa per tahun. Berbagai kasus kematian, luka, dan sakit karena aktivitas pertanian seringkali tidak dilaporkan sebagai kejadian akibat aktivitas pertanian. ILO telah mengembangkan Konvensi Kesehatan dan Keselamatan di bidang Pertanian, 2001, yang mencakup risiko pada pekerjaan di bidang pertanian, pencegahan risiko ini, dan peran dari individu dan organisasi terkait pertanian.

Bagaimana?? Sudah tau resiko resiko apa yang anda akan alami jika bertani?? Makannya, jangan anggap remeh pekerjaan petani!! Sekian...

Baca juga sob artikel ini : Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id

Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
 

Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

削除
Resiko Keamanan bagi Seorang Petani
    Komentar(0)