Tips Mudah Jitu Menang Olimpiade OSN

Kategori

Tips Menghadapi dan Menang OSN - Ingin mengikuti OSN baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional atau bahkan Internasional?? Maka anda perlu mengetahui tips tips jitunya! Jika tidak, kemungkinan kecil anda bisa menang olimpiade.

Saya menyediakan beberapa tips yang saya ketahui kepada anda agar menang olimpiade? Apa saja itu? Silahkan simak tips tips dibaah ini :

1. Persiapan yang matang

Tidak jarang kita melihat orang yang juara OSN adalah orang yang sering bertemu dengan kita. Untuk menjadi juara OSN ada harus memulai dari sejak SD. Karena mengapa ? Di OSN kita bersaing dengan ribuan anak yang mendekati IDIOT, jarang sekali ada anak OSN yang bandel/nakal yang kerjaannya bikin rusuh. Persiapkan untuk diri anda : Jadwal latihan olimpiade yang rutin (2-3 kali seminggu), Tentukan siapa pelatih yang ahli di bidangnya, dan berapa uang yang harus anda keluarkan untuk membayar pelatih, sebagai planing anda bisa melihat beberapa jadwal olimpiade.

[Baca juga : Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia]

2. Kuasai Materi

Dalam olimpiade hal wajib yang kita kuasai adalah menguasai meteri OSN, jika anda SD minimal anda menguasai materi OSN SD, jika Anda SMA maka anda wajib menguasai dasarnya yaitu materi SD, SMP, dan SMA. Seminimal anda mengusai materi UN, setelah UN anda wajib menguasai materi SBMPTN, lalu materi Olimmpiade.

3. Latihan soal

Setelah menguasai materi dan persiapan yang jelas anda wajib melatih diri anda dengan soal-soal. Penulis sendiri sering seperti ini, kita tau materi tetapi ketika bertemu soal selalu kebingungan, ini sering. Latihan lah soal-soal, 1 minggu pertama jenis soal UN, 1 Bulan pertama jenis SBMPTN, sisanya berbulan-bulan jenis Olimpiade. Latihan tidak hanya OSN-OSN saja, tetapi jenis olimpiade yang ada di kabupaten anda, provinsi anda, bahkan soal-soal yang sering diadakan oleh suatu Universitas.

4. Perbanyak Pengalaman

Dengan mengikuti berbagai lomba, menambah pengalaman anda mejadi lebih baik. Bandingkan jika anda seorang yang baru pertama kali mengikuti olimpiade, anda pasti sedikit deg-degan, takut/stress jika ada banyak soal yang tidak terjawab, tetapi bandingkan dengan orang yang sudah pengalaman ? Mereka tetap tenang dan mengerjakan dengan khusyuk, walaupun ada beberapa soal ada yang mereka anggap sulit

5. Membuat Komunitas Olimpiade

Jika anda merasa kurang adanya saingan, carilah saingan mulai dari mengadu mengerjakan soal-soal dengan teman seangkatan, lalu dengan kakak kelas. Atau bahkan anda mengikuti kuis-kuis online, dan mengikuti grup-grup yang membahas tentang olimpiade. Dengan adanya saingan anda diharapkan semakin aktif, dan merasa tertantang untuk mengalahkan teman-teman anda. Tidak jarang di grup OSN disana terdapat ahlinya yang dapat menyelesaikan yang anda anggap sulit.

6.Datangkan pelatih

Jika anda merasa 5 cara diatas belum maksimal anda bisa mendatangkan pelatih sebagai bimbingan anda. Untuk mendatangkan pelatih yang profesional anda orang tua perlu menggelontorkan uang yang tidak sedikit, terkadang untuk satu pertemuan saja perlu mengeluarkan dana 400rb, jika seminggu sekali anda mengadakan 2 pertemuan, berarti sebulan anda perlu mengeluarkan 3,2 juta. Cara mengakali dengan cara orang tua anda bekerja sama dengan orang lain sehingga dalam private tersebut terdapat 10 orang. jadi perbulan orang tua anda hanya perlu mengeluarkan 320rb saja.

7. Tetap berusaha/tak kenal lelah

Ketika saya dibandung, 1 kata yang saya ingat dari seorang dosen "Bersabar dan kerja keraslah. Karena sesungguhnya tuhan bersama mereka" Sampai saat ini saya harus berusaha mengalahkan kakak kelas untuk bisa menembus seleksi sekolah, lalu kabupaten dst. Dengan berusaha terus dari anda yang tidak tau anda akan menajadi tau. Dengan begitu ketika anda bertemu dengan soal sama anda telah mampu menjawab soal tersebut.

Bagaimana?? Sia untuk menghadapi OSN tahun ini?? Maka ikuti langkah langkah minimal beberapa yang saya bagikan.

[Baca juga : Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia]

Sekian, semoga bermanfaat apa yang saya bagikan kepada anda.

Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
 

Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

削除
Tips Mudah Jitu Menang Olimpiade OSN
    Komentar(0)