4 Tips Cerdas dan Cermat Membeli Lensa atau Kamera

Kategori

Tips Membeli Kamera Terbaik - Dibawah ini saya langsung menyediakan tips tipsnya kepada anda.

1. Ketahui budget anda

Tampaknya ini memang selalu menjadi hal yang pertama tiap kali kita akan merencanakan segala sesuatu tentang pembelian atau semacam itu.

Tentu bukannya tanpa alasan mengapa budget selalu menjadi yang pertama dalam perencanaan pembelian, dengan mengetahui dan menentukan berapa besar budget yang kita miliki maka kita bisa menetapkan batasan sampai di rentang harga mana lensa yang mampu kita beli.

Dengan begitu semua lensa yang harganya tak masuk dalam budget yang kita anggarkan dengan segera bisa kita singkirkan dari list lensa yang ingin kita beli.

Yongnuo merupakan salah satu pabrikan lensa yang menyasar konsumen dengan buget kecil
Belajarlah untuk tegas dalam hal ini, jika dianggarkan 5 juta rupiah, semua lensa dengan harga di atas 5 juta harus anda singkirkan dari list anda, kecuali anda mau bersabar untuk menabung misalnya.

Jangan juga anda memakai post anggaran yang lain untuk memaksakan budget yang tak mencukupi ini, misalnya belanja kebutuhan rumah tangga diambil buat beli lensa wah bisa-bisa disemprot isteri bagi yang sudah menikah hahaha.

Jangan lupa juga untuk konsultasikan dengan pasangan anda tentu jika anda sudah berkeluarga khusus untuk budget yang anda rencanakan.

[Baca juga : Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia]

2. Ketahui passion anda

Jika passion anda dalam fotografi adalah memotret landscape tentu jadi tanda tanya kalau anda membeli lensa makro, yah kecuali passion anda gado-gado atau tak spesifik.

Memang tak ada yang melarang kita untuk menekuni semua genre fotografi tapi dengan memfokuskan kepada satu genre fotografi dan menguasainya, akan membuat anda setidaknya bisa spesifik dalam memilih lensa yang ingin anda beli.

Jika passion anda adalah foto model silakan untuk melihat lensa-lensa yang memiliki focal length yang sesuai untuk memotret model contohnya lensa 85mm atau 135mm, jika menggunakan kamera dengan ukuran sensor APSC anda bisa mencoba lensa 50mm yang terkenal murah tapi berkualitas.

Jika anda menyukai landscape, maka banyak pilihan lensa lebar yang bisa anda coba. Mulai dari yang ultra wide sampai yang lumayan lebarnya.

Akan lebih mudah jika passion fotografi anda lebih khusus seperti penyuka foto makro, karena tentu pilihan lensa makrolah yang menjadi target anda.

Namun tetap saja ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, seperti panjang fokal, aperture dan bukaan, tentu itu akan sedikit menambah pusing juga hehe.

3. Seberapa butuh anda akan lensa itu

Ini yang sering menjadi jebakan bagi kita saat akan membeli lensa.
Ada orang yang membeli lensa karena kebutuhan mendadak saja, misalnya dia harus memotret satu pertandingan olahraga dalam rangka memperingati kemerdekaan seperti sepakbola antar kelurahan, kemudian dia memaksakan diri membeli lensa tele 55-200.

Setelah acara kemerdekaannya selesai lensa tersebut pun selesai masa penggunaannya alias kebanyakan hanya bersarang di dalam tas kamera.

Kembali lagi ke pertanyaan tadi, apakah anda benar-benar butuh lensa tersebut ataukah cuma sejenak saja dan setelah itu disimpan? Jika memang tak terlalu butuh lebih bijaksana jika kita menundanya tentu.

4. Lensa APSC atau Full Frame

Sepertinya ini pembahasan yang luput dari seri Mengenal Jenis dan Fungsi Lensa Dalam Fotografi kemarin, hehe tak mengapa. Mengenai dua jenis lensa ini juga sudah banyak dibahas di forum-forum fotografer.

Jadi sama seperti kamera yang terbagi berdasarkan ukuran sensornya yaitu full frame dan APSC, maka lensa juga sama karena mengikuti besaran sensor tadi.

Mengapa begitu? Pihak pabrikan lensa membuat dua macam lensa sesuai ukuran sensor, lensa untuk sensor full frame diameter lensanya atau sederhananya ukuran bulatan lensanya lebih besar agar supaya bisa mengcover ukuran sensor full frame.

Sebaliknya lensa untuk sensor APSC lebih kecil dari lensa full frame tadi, tentu karena sensor APSC juga lebih kecil dari full frame.

Canon 5DSR, salah satu kamera fullframe terbaru Canon
Dengan membuat lensa khusus APSC maka ukuran dan diameter lensa pun jadi lebih kecil sehingga otomatis ongkos produksi lensa bisa ditekan yang tentunya membuat lensa ini bisa dijual lebih murah harganya.

Mengapa kita perlu tahu hal ini sebelum membeli lensa? Karena lensa yang tak sesuai dengan kamera kemungkinan besar tak maksimal fungsinya atau malah tak bisa digunakan.

Sumber : http://www.saveseva.com/8-tips-untuk-anda-sebelum-membeli-lensa/

Jadi bagaimana?? Gampang bukan tips tips yang saya kasih ini??

[Baca juga : Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia]

Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
 

Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

削除
4 Tips Cerdas dan Cermat Membeli Lensa atau Kamera
    Komentar(0)