Pengertian dan Perbedaan Pertanian Urban dan Non-Urban



Pengertian dan Perbedaan Pertanian Urban dan Non-Urban - Anda mungkin sudah sering mendengar istilah Pertanian Urban ataupun Non Urban. Tapi juga saya rasa masih banyak juga masyarakat yang bahkan sampai saat ini belum mengetahuinya.

Nah, dibawah ini saya sediakan penjelasannya.

Pengertian Pertanian Urban

Pertanian urban adalah praktik budidaya, pemrosesan, dan disribusi bahan pangandi atau sekitar kota. Pertanian urban juga bisa melibatkan peternakan, budidaya perairan, wanatani, dan hortikultura. Dalam arti luas, pertanian urban mendeskripsikan seluruh sistem produksi pangan yang terjadi di perkotaan.

FAO mendefinisikan pertanian urban sebagai:
Sebuah industri yang memproduksi, memproses, dan memasarkan produk dan bahan bakar nabati, terutama dalam menanggapi permintaan harian konsumen di dalam perkotaan, yang menerapkan metode produksi intensif, memanfaatkan dan mendaur ulang sumber daya dan limbah perkotaan untuk menghasilkan beragam tanaman dan hewan ternak.

Definisi yang diberikan Council on Agriculture, Science and Technology, (CAST) Mencakup aspek kesehatan lingkungan, remediasi, dan rekreasi.

Kebijakan di berbagai kota juga memasukkan aspek keindahan kota dan kelayakan penggunaan tata ruang yang berkelanjutan dalam menerapkan pertanian urban.

Perbedaan Pertanian Urban dan Non Urban

Perbedaan antara pertanian urban dan non-urban bisa cukup besar, dan tantangan yang ada pada pertanian urban bisa disebut sebagai kekuatan yang dimiliki. Variasi kondisi sosio-ekonomi perkotaan, budaya, hingga geografi, iklim, dan luas lahan menimbulkan berbagai inovasi dan kebijakan pemerintahan setempat. Diversitas yang membedakan antara satu kota dan kota lain mampu menciptakan keunikan tersendiri.

Pertanian ini pun menimbulkan berbagai gerakan lokal seperti "foodies", "locavores", "organic growers" dan sebagainya yang berfungsi sebagai sarana berbagi informasi dan fasilitas jual beli produk setempat, sehingga mendatangkan penghasilan, mengurangi risiko pestisida dan bahan kimia berlebih dalam konsumsi masyarakat, hingga meningkatkan ketahanan pangan.

Karena pertanian urban dikatakan memperpendek jarak antara produsen dan konsumen sehingga bahan pengawet dan proses tambahan tidak dibutuhkan. Hal ini membuat konsumen mendapatkan jaminan bahan pangan yang didapatkan begitu segar.

Fungsi Pertanian Urban

Pertanian urban umumnya dilakukan untuk meningkatkan pendapatan atau aktivitas memproduksi bahan pangan untuk dikonsumsi keluarga, dan di beberapa tempat dilakukan untuk tujuan rekreasi dan relaksasi. Kesadaran mengenai degradasi lingkungandi dalam perkotaan akibat relokasi sumber daya untuk melayani populasi perkotaan telah menjadikan insiprasi untuk berbagai skema pertanian urban di negara maju dan negara berkembang dan mendatangkan berbagai bentuk pertanian perkotaan, dari model sejarah seperti Machu Picchuhingga pertanian di kota modern.

Sebagai akibat dari Program Pengurangan Pajak Atap Hijau (The Green Roof Tax Abatement Program) dan Program Hibah Infrastruktur Hijau (Green Infrastructure Grant Program) sejak tahun 2010 kota New York kini mengalami peningkatan jumlah ladang atap (rooftop farm) di berbagai atap gedung dan rumah yang dikelola secara swasta.

Itulah ulasan singkat saya mengenai pengertian Pertanian Urban dan Non Urban serta perbedaan perbedaannya. Bagaimana?? Anda sudah mengerti bukan??

Sekian pembahasan singkat saya kali ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id



Alasan Peternakan Berhubungan dengan Pertanian

Ulasan Sistem Produksi Hewan - Sistem Produksi Hewan pada dasarnya masih berkaitan dengan cabang pertanian. Lho?? Terdengar membingungkan bukan?? Dengan membaca ulasan singkat saya dibawah ini, anda akan mengetahui alasan mengapa saya mengatakan demikian.

Sistem Produksi Hewan

Sistem produksi hewan ternak dapat didefinisikan berdasarkan sumber pakan yang digunakan, yang terdiri dari peternakan berbasis penggembalaan, sistem kandang penuh, dan campuran. Pada tahun 2010, 30 persen lahan di dunia digunakan untuk memproduksi hewan ternak dengan mempekerjakan lebih 1.3 miliar orang. Antara tahun 1960an sampai 2000an terjadi peningkatan produksi hewan ternak secara signifikan, dihitung dari jumlah maupun massa karkas, terutama pada produksi daging sapi, daging babi, dan daging ayam. Produksi daging ayam pada periode tersebut meningkat hingga 10 kali lipat.

Hasil hewan non-daging seperti susu sapi dan telur ayam juga menunjukan peningkatan yang signifikan. Populasi sapi, domba, dan kambing diperkirakan akan terus meningkat hingga tahun 2050.

Budidaya Perikanan

Budi daya perikanan adalah produksi ikan dan hewan air lainnya di dalam lingkungan yang terkendali untuk konsumsi manusia. Sektor ini juga termasuk yang mengalami peningkatan hasil rata-rata 9 persen per tahun antara tahun 1975 hingga tahun 2007.

Selama abad ke-20, produsen hewan ternak dan ikan menggunakan pembiakan selektif untuk menciptakan ras hewan dan hibrida yang mampu meningkatkan hasil produksi, tanpa memperdulikan keinginan untuk mempertahankan keanekaragaman genetika. Kecenderungan ini memicu penurunan signifikan dalam keanekaragaman genetika dan sumber daya pada ras hewan ternak, yang menyebabkan berkurangnya resistansi hewan ternak terhadap penyakit. Adaptasi lokal yang sebelumnya banyak terdapat pada hewan ternak ras setempat juga mulai menghilang.

Produksi Hewan Penggembalaan

Produksi hewan ternak berbasis penggembalaan amat bergantung pada bentang alam seperti padang rumput dan sabana untuk memberi makan hewan ruminansia. Kotoran hewan menjadi input nutrisi utama bagi vegetasi tersebut, namun input lain di luar kotoran hewan dapat diberikan tergantung kebutuhan. Sistem ini penting di daerah di mana produksi tanaman pertanian tidak memungkinkan karena kondisi iklim dan tanah.

Sistem campuran menggunakan lahan penggembalaan sekaligus pakan buatan yang merupakan hasil pertanian yang diolah menjadi pakan ternak.

Sistem kandang memelihara hewan ternak di dalam kandang secara penuh dengan input pakan yang harus diberikan setiap hari. Pengolahan kotoran ternak dapat menjadi masalah pencemaran udarakarena dapat menumpuk dan melepaskan gas metandalam jumlah besar.

Negara industri menggunakan sistem kandang penuh untuk mensuplai sebagian besar daging dan produk peternakan di dalam negerinya. Diperkirakan 75% dari seluruh peningkatan produksi hewan ternak dari tahun 2003 hingga 2030 akan bergantung pada sistem produksi peternakan pabrik. Sebagian besar pertumbuhan ini akan terjadi di negara yang saat ini merupakan negara berkembang di Asia, dan sebagian kecil di Afrika.

Beberapa praktik digunakan dalam produksi hewan ternak komersial seperti penggunaan hormon pertumbuhan menjadi kontroversi di berbagai tempat di dunia.
(Edited from Wikipedia)

Jadi itulah mengapa Peternakan adalah bagian dari Pertanian.

Anda sudah paham bukan??

Sekian pembahasan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi anda.

Baca Juga : Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id



3 Macam Bentuk Pembudidayaan Tanaman di Indonesia



Bentuk Pembudidayaan Tanaman Di Indonesia - Di Indonesia, kita mengenal beberapa jenis pembudidayaan terhadap tanaman. Salah satunya ialah sistem Sawah.

Namun, sebelum kita melangkah sedikit jauh, marilah anda saya ajak untuk membaca tentang Penjelasan rinci Pembudidayaan Tanaman.

Penyebab Variasi Sistem Pertanaman

Sistem pertanaman dapat bervariasi pada setiap lahan usaha tani, tergantung pada ketersediaan sumber daya dan pembatas; geografi dan iklim; kebijakan pemerintah; tekanan ekonomi, sosial, dan politik; dan filosofi dan budaya petani.

Arti Pertanian Berpindah

Pertanian berpindah (tebang dan bakar) adalah sistem di mana hutan dibakar. Nutrisi yang tertinggal di tanah setelah pembakaran dapat mendukung pembudidayaan tumbuhan semusim dan menahun untuk beberapa tahun. Lalu petak tersebut ditinggalkan agar hutan tumbuh kembali dan petani berpindah ke petak hutan berikutnya yang akan dijadikan lahan pertanian. Waktu tunggu akan semakin pendek ketika populasi petani meningkat, sehingga membutuhkan input nutrisi dari pupuk dan kotoran hewan, dan pengendalian hama.

Industrialisasi Pertanian

Pembudidayaan semusim berkembang dari budaya ini. Petani tidak berpindah, namun membutuhkan intensitas input pupuk dan pengendalian hama yang lebih tinggi.

Industrialisasi membawa pertanian monokultur di mana satu kultivar dibudidayakan pada lahan yang sangat luas. Karena tingkat keanekaragaman hayati yang rendah, penggunaan nutrisi cenderung seragam dan hama dapat terakumulasi pada halah tersebut, sehingga penggunaan pupuk dan pestisida meningkat.

Di sisi lain, sistem tanaman rotasi menumbuhkan tanaman berbeda secara berurutan dalam satu tahun. Tumpang saria dalah ketika tanaman yang berbeda ditanam pada waktu yang sama dan lahan yang sama, yang disebut juga dengan polikultur.

Di lingkungan subtropis dan gersang, periode penanaman terbatas pada keberadaan musim hujan sehingga tidak dimungkinkan menanam banyak tanaman semusim bergiliran dalam setahun, atau dibutuhkan irigasi. Di semua jenis lingkungan ini, tanaman menahun seperti kopidan kakaodan praktik wanatani dapat tumbuh. Di lingkungan beriklim sedang di mana padang rumput dan sabana banyak tumbuh, praktik budidaya tanaman semusim dan penggembalaan hewan dominan.

Bentuk pembudidayaan tanaman di Indonesia
Di Indonesia, masyarakat mengenal beberapa bentuk pembudidayaan terhadap tanaman. Apa saja itu??

*. Sawah

Sawah merupakan suatu bentuk pertanian yang dilakukan di lahan basah dan memerlukan banyak air baik sawah irigasi, sawah lebak, sawah tadah hujan maupun sawah pasang surut.

*. Tegalan

Tegalan merupakan suatu daerah dengan lahan kering yang bergantung pada pengairan air hujan, ditanami tanaman musiman atau tahunan dan terpisah dari lingkungan dalam sekitar rumah.

Lahan tegalan tanahnya sulit untuk dibuat pengairan irigasi karena permukaan yang tidak rata. Pada saat musim kemarau lahan tegalan akan kering dan sulit untuk ditubuhi tanaman pertanian.

*. Pekarangan

Yang ketiga ini Pekarangan, yaitu suatu lahan yang berada di lingkungan dalam rumah (biasanya dipagari dan masuk ke wilayah rumah) yang dimanfaatkan untuk ditanami tanaman pertanian.
(Di edit dari : Wikipedia)

Ok. Jadi sudah mengerti apa itu pembudidayaan tanaman serta bentuk bentuknya bukan??

Jadi sampai disini dulu pembahasan singkat kami.

Baca Juga : Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id



5 Manfaat Rahasia Dari Berolahraga



Lima Manfaat Tersembunyi Olahraga - Berolaharaga adalah kegiatan yang dapat menyehatkan jasmani dan rohani. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan melalui kegiatan olahraga ini. Misalkan badan akan berotot. Enak dipandang. Tubuh akan keliatan kekar. Juga masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari berolahraga?? Apakah itu?? Simak artikel lengkapnya disini :

Manfaat Rahasia Berolahraga

1. Meningkatkan Kapasitas Otak Anda

“Berolahraga meningkatkan energi dan menambah serotonin dalam otak”, begitu kata David Atkinson, direktur dari Cooper Venture Development Program, salah satu divisi dari Cooper Aerobic Center di Dallas, Amerika Serikat. Serotonin adalah hormon di otak yang berfungsi sebagai modulator kapasitas kerja otak yang mencakup pengatur stabilitas emosi, pemahaman dan nafsu makan. Jadi orang yang melakukan olahraga dengan jumlah cukup akan menemukan produktivitasmereka meningkat. Produktivitas seseorang tidak hanya berarti orang tersebut dapat memberikan kualitas kerja yang baik, namun ia juga dapat memberikan kontribusi untuk suasana kerja yang bahagia di tempat kerja.

2. Mencairkan Stres Anda

Berolahraga memberikan efek relaksasi yang baik untuk semua orang. Itu sebabnya ketika seseorang mulai berlatih, dia akan segera mengetahui bahwa hal itu akan mengurangi stresdan membuatnya menjadi pribadi yang lebih bahagia. Atkinson mengatakan bahwa ketika seseorang bahagia, efeknya tidak hanya menguntungkan orang itu sendiri. Kondisi ini menyebabkan orang tersebut menjadi tidak mudah marah, dengan demikian, meningkatkan kualitas hubungan dengan rekan-rekan kerjanya, keluarga dan orang lain.

3. Memberikan Energi

Berolahraga, meskipun hanya 30 menit sehari, dapat mengubah hari seseorang dari pagi sampai malam hari. Ketika endorphin dilepaskan ke dalam darah selama berolahraga, seseorang akan merasa lebih energik sepanjang hari. Endorphin adalah senyawa kimia dalam otak kita yang dapat membuat otak menjadi rileks.
Atkinson pernah mendapat keluhan dari kliennya yang mengatakan bahwa ia merasa lelah setelah berlatih. Atkinson menjelaskan bahwa kelelahan biasanya terjadi pada beberapa sesi pertama pasca berolahraga karena tubuh tidak terbiasa. Setelah itu, kelelahan akan hilang dengan sendirinya.

4. Tidak Sulit Mencari Waktu Untuk Berolahraga

Banyak orang berpikir bahwa mereka tidak punya waktu untuk berolahraga. Kemudian, tidak memiliki peralatan tertentu seperti sepasang sepatu olahraga menjadi penghalang. Sebenarnya, Atkinson menyatakan, berolahraga bisa dimulai dari pemikiran sederhana, “Berpikir bahwa kita membunuh dua burung dengan satu batu.” Itu berarti anda benar-benar melakukan dua hal atau mendapatkan dua keuntungan dengan melakukan satu kegiatan.
Anda bisa memulai dengan meminta anak-anak anda untuk bermain dengan sepeda mereka di taman. Anda bisa melihatnya sekaligus berolahraga pada saat yang bersamaan. Jika suatu hari anda perlu melakukan pertemuan dengan seseorang, anda bisa memilih tempat yang memiliki jogging track, taman, kolam renang atau fasilitas lain yang dapat digunakan untuk berolahraga. Anda bahkan dapat berolahraga saat melakukan tugas-tugas rumah. Yang penting adalah menggerakkan tubuh anda.

5. Membina Hubungan

Berolahraga meningkatkan hubungan anda dengan orang lain. Jika hal itu dilakukan bersama keluarga, anda akan merasakan lebih dekat dengan mereka. Hal ini juga berlaku jika anda berolahraga bersama dengan teman-teman anda. Selain itu, sangat mungkin bahwa anda mendapatkan teman-teman baru melalui berolahraga. Selain itu, orang-orang yang mencoba untuk mengurangi berat badannya, benar-benar membutuhkan dukungan dari teman-teman agar usahanya tersebut berhasil.

Bagaimana?? Anda sudah tahu manfaat yang tersembunyi dari berolahraha bukan ya?? Maka jangan lupa untuk setiap hari untuk berolahraha. Walau hanya beberapa menit. Sekian.....

Toko Olahraga Online Murah, Lengkap, Aman dan Terpercaya



9 Definisi/Pengertian Olahraga Oleh Para Ahli



9 Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli - Seperti yang kita ketahui, bahwasanya pengertian olahraga itu mendapatkan berbagai macam definisi. Tak heran hingga saat ini, para ahli belum bisa mendapatkan pengertian Olahraga secara universal. Tidak seperti pengertian hal hal lain.

Untuk itu, silahkan anda simak peengertian pengertian olahraga yang telah saya ambil dari sembilan ahli.

1. Edward

Menurut Edward, olahraga harus dilakukan dengan spontan dari mulai konsep bermain, games, dan sport.

2. Dewan Olah Raga Eropa

Menurut Dewan Olah Raga Eropa, pengertian olahraga adalah setiap aktivitas spontan, bebas, yang dilaksanakan dalam waktu luang.

3. Suryanto Rukmono, S. Si

Menurut Suryanto Rukomono, S. Si, olahraga merupakan setiap kegiatan yang dilakukan untuk melatih tubuh manusia sehingga tubuh terasa lebih sehat dan kuat, baik secara jasmaniah maupun secara rohaniah.

4. Jessica Dolland

Menurut Jessica Dolland, olahraga merupakan media pereda stress yang terbaik yang pernah ada. Olahraga dapat mengalihkan pikiran manusia dari rasa khawatir dengan jalan meredakan berbagai ketegangan otot yang ada pada tubuh.

5. Hans Tandra

Menurut Hans Tandra, olahraga merupakan setiap gerakan tubuh yang teratur dan berirama yang ditujukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kebugaran tubuh pelakunya.

6. Cholik Mutoir

Menurut Cholik Mutoir, pengertian olahraga adalah proses sistematik yang terdiri atas setiap kegiatan dan usaha yang dapat membantu perkembangan atau pun membina potensi – potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan, atau pun anggota masyarakat. Olah raga dapat berupa permainan, pertandingan, serta prestasi puncak di dalam pembentukan manusia yang memiliki ideologi yang seutuhnya dan berkualitas yang didasarkan pada dasar negara dan Pancasila.

7. Seno Gumira Ajidarma

Menurut Seno Gumira Ajidarma, olahraga merupakan sarana atau pun ajang kompetisi untuk menjadi nomor satu.

8. Kathryn Marsden

Menurut Kathryn Marsden, olahraga merupakan salah satu sarana pengusir stress terbaik yang pernah ditemukan oleh manusia.

9. Wikipedia

Menurut Wikipedia, olahraga merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melatih tubuh seseorang, baik secara jasmani atau pun rohaniah / kejiwaan (contohnya olah raga catur).

Jadi bagaimana?? Sudah tau bukan mengenai pendapat dari definisi olahraga oleh sembilan ahli ini? Semoga bermanfaat ya??. Sekian.

Baca juga : Toko Olahraga Online Murah, Lengkap, Aman dan Terpercaya



Pengertian Lengkap dari Olahraga

Pengertian Lengkap Mengenai Olahraga - Arti dari Olahraga itu meluas. Banyak ahli yang memiliki pendapat sendiri sehingga tak merelakan lagi bahwasanya pengertian olahraga ini banyak perbedaan. Sampai sekarang, para ahli belum dapat mengemukakan pengertian olahraga yang kompleks.

Dibawah ini saya mengemukakan beberapa hal menganai olahraga

Pengertian olahraga adalah segala bentuk aktivitas fisik yang kompetitif, bisa dilakukan secara santai atau terorganisir. Olahraga bertujuan untuk memelihara atau meningkatkan kebugaran fisik dan juga dapat memberikan hiburan. Ada banyak macam olahraga, dari yang bisa dilakukan satu orang atau tim.
Olahraga pada umumnya adalah kegiatan yang berbasis atletisme fisik atau ketangkasan fisik, dengan adanya kompetisi utama terbesar seperti Olimpiade yang mengakui olahraga memenuhi definisi ini, dan ada juga organisasi lain seperti Dewan Eropa yang menggunakan definisi bahwa olahraga itu menghalangi kegiatan tanpa elemen fisik dari klasifikasi sebagai olahraga. Komite Olimpiade Internasional (melalui ARISF) mengakui catur sebagai olahraga non-fisik, meskipun batas jumlah permainan pikiran yang dapat diterima sebagai sebagai olahraga hanya sedikit. Olahraga biasanya diatur oleh serangkaian aturan atau kebiasaan, yang berfungsi untuk menjamin persaingan yang sehat, dengan adanya wasit atau pengambil keputusan siapa yang menang. Pemenang dapat ditentukan oleh oleh pemain dengan mencetak gol atau melintasi garis akhir, atau dengan keputusan wasit.
Jadi, definisi tepat yang membedakan olahraga dari kegiatan santai lainnya bermacam-macam tergantung dari sumbernya, karena tidak ada definisi universal yang disepakati. Yang paling dekat tentang definisi olahraga mengacu pada SportAccord, yang merupakan asosiasi terbesar untuk semua federasi olahraga internasional (termasuk asosiasi sepakbola, american football, bersepeda, olahraga berkuda, bisbol dan banyak lagi), karena SportAccord disahkan secara de facto.

Jadi bagaimana?? Sudah tahu hakekat Olahraga bukan?? Jikalau demikian, sekian infonya yang saya bagikan saat ini.

Toko Olahraga Online Murah, Lengkap, Aman dan Terpercaya



Toko Olahraga Online Murah, Lengkap, Aman dan Terpercaya

Toko Olahraga Online Murah, Lengkap, Aman dan Terpercaya - Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi kita, Manusia. Kesehatan bisa kita peroleh dari makan makanan sehat dan juga dari kegiatan olahraga. Misalkan saja olahraga ringan seperti lari pagi. Maka jangan heran jika pecinta olahraga selalu sehat selalu.

Berbicara mengenai olahraga, tak terlepas dari alat. Maksud saya adalah alat alat yang mendukung aktivitas olahraga tersebut. Misalkan jika kita melakukan lari pagi, mungkin kita akan membutuhkan sepatu olahraga, khusus lari.

Nah, untuk membutuhkan alat alat bantuan olahraga itu tentunya harus kita dapatkan dengan cara membelinya di toko bukan?? Misalkan saja kita beli di toko terdekat, supermarket gitu lah.

Namun ada permasalahan. Biasanya di supermarket ataupun pasar pasar tidak menyediakan alat alat yang lengkap. Maka saran saya agar anda belanja saja secara online?? Mengapa harus online?? Karena praktis. Semuanya sudah ada. Lengkap. Tak perlu keluar rumah lagi.

Permasalah. Apakah semua toko online terpercaya??

Jawaban saya : TIDAK!

Dimanakah toko online yang terpercaya??

Jawabannya di ASPORT!!

155



Cara yang Baik Memecat Karyawan



Cara yang Baik Ketika Memecat Karyawan - Banyak pemimpin perusahaan baik berskala kecil, menengah hingga besar didapati cara memecat karyawan yang salah.

Ada baiknya anda mengetahui apa saja yang harus anda lakukan untuk memecat karyawan. Biar anda tidak salah langkah.

Silahkan simak penjelasan singkat saya kali ini dibawah :

1. Lakukan Sistem Rank & Yank

Bagi yang baru memulai Startup sangat perlu melakukan metode ini jika Anda sulit untuk melakukan pemecatan pada karyawan. Salah satu manajer paling terkenal sepanjang masa, Jack Welch mempopulerkan sebuah sistem rank & yank. Sistem ini akan mengelompokkan manajer dan timnya ke dalam tiga kategori:Top 20%,Middle 70%, danBottom 10 %.
Semua personil yang berada dalam posisi Middle 70% wajib diberikan sebuah pembinaan atau pelatihan. Tugas manajer juga termasuk menjaga mereka termotivasi dalam bekerja dan tidak tertekan dengan adanya sistem seperti ini. Adapun pada posisi Bottom 10% adalah semua orang-orang yang harus ‘pergi’. Meski terkesan sistem ini relatif radikal dan keras, namun hal ini memberikan sebuah keuntungan.
Pertama, sistem ini memberikan kejelasan kepada karyawan tentang budaya kerja di perusahaan Anda. Semua orang tahu bahwa ini adalah cara kerja perusahaan, dan sejak awal karyawan sudah tahu apa yang terjadi jika ia tidak menunjukan performa kerjanya.
Kedua, mekanisme ini akan memberikan sebuah paksaan bagi setiap manajer untuk menghapus para anggota tim mereka yang berkinerja terburuk. Dengan kebijakan ini, tidak memungkinkan untuk manajer menunda keputusan yang menyebabkan underperformer bertahan selama bertahun-tahun. Hal ini juga memaksa manajer memberi pembinaan kepada yang berada di peringkat tengah karena bagaimanapun juga kehilangan sebagian besar karyawan akan berdampak buruk bagi perusahaan.

2. Berikan Standar Pekerjaan Yang Jelas

Startup yang baik haruslah memiliki ekspektasi yang jelas dari karyawan dan umpan balik yang jujur. Jika sejak awal Anda sudah menentukan sebuah standar pekerjaan yang jelas dan sistem penilaian terbuka yang jelas, dalam situasi seperti itu tidak ada yang perlu heran jika karyawan dengan kinerja buruk, atau dalam peringkat terbawah, harus ‘pergi’.

3. Berikan Peringatan Sedini Mungkin

Berikan sebuah peringatan kepada karyawan Anda jika mereka memang melakukan sebuah kesalahan. Jangan menunggu sampai kesalahan mereka membuat perusahaan Anda rugi. Peringatan dini akan memberikan sebuah efek yan cukup baik, dengan begitu karyawan Anda pun merasa diperhatikan pekerjaannya dan kinerja mereka pun akan meningkat. Berikan peringatan dengan sebuah penjelasan yang dapat mereka pahami.

4. Jagalah Hubungan Pasca Pemecatan

Jika Anda melakukan sebuah pemecatan dengan cara yang buruk maka hal tersebut dapat mengakibatkan beberapa efek samping yang sangat merugikan moral dan loyalitas dari sisa karyawan. Lakukan proses ini dengan baik dan komunikasikan hal ini terhadap seluruh personil perusahaan Anda. Hal ini perlu dilakukan supaya tidak ada yang merasa dirugikan dan iklim pekerjaan akan tetap terjaga dengan baik.

Jika Anda memecat seseorang dengan cara yang mempermalukannya, maka karyawan yang lain pasti akan berpikir mereka akan diperlakukan dengan sama. Jika Anda kebetulan mempermalukan teman baik mereka, mereka akan mulai membenci Anda juga. Satu hal penting untuk disadari adalah bahwa karyawan yang tersisa juga khawatir nasib mereka. Ini akan memengaruhi kinerja tim dan output mereka, dan bukan tidak mungkin bahwa startup Anda akan mengalami sebuah kemunduran yang sangat signifikan. Hal tersebut terjadi karena Anda melakukan hal yang tidak perlu Anda lakukan.
(sumber : www.maxmanroe.come

Jadi anda sudah mengetahui bagaimana etika memecat karyawan?? Makannya jangan salah langkah ya??

Sekian pembahasan singkat saya kali ini, semoga apa yang saya share disini bermanfaat bagi anda.....
Jangan lupa baca artikel singkat saya : Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia



Tips ketika StartUp Anda Belum Mendapatkan Dana Investor

Tips Membangun Startup - Membangun Startup tentunya merupakan salah satu bidang bisnis. Tujuannya anda membuat startup biasanya untuk mencari Investor. Dengan adanya Investor pada Startup, anda akan mendapatkan pendanaan yang bisa anda bangun untuk lebih membesarkan bisnis startup anda.

Namun, bagaimana jika startup anda itu belum memiliki pendanaan Investor?? Cukup membuat down bukan??

Nah, agar anda tidak down, dibawah ini saya menyediakan tips tipsnya agar hal itu tidak terjadi. Silahkan cek dibawah ini :

1. Tetap Fokus Pada Bisnis yang Dikerjakan

Saya rasa Ini sangat penting untuk Anda lakukan, jika startup Anda belum bisa mendapatkan pendanaan dari investor, yang perlu tetap Anda lakukan adalah terus fokus pada bisnis yang sedang Anda rintis. Jangan sampai kegagalan Anda dalam mendapatkan pendanaan dari investor tersebut menghentikan bisnis yang sedang Anda rintis.
Dengan segala daya dan upaya yang bisa Anda lakukan, tetap kembangkan bisnis startup Anda. Berat memang, namun itulah yang terbaik yang bisa Anda lakukan untuk tetap bisa menjaga startup tetap berjalan sampai bisa mendapatkan pendanaan dari investor jika itu tujuannya.

2. Pahami Struktur Keuangan

Sebagai pendiri perusahaan yang masih sangat baru, dan dalam masa pengembangan tahap awal, Anda harus memahami betul struktur keuangan yang ada. Perhatikan dengan baik arus keuangan baik uang masuk maupun uang keluar. Ini bisa Anda lakukan jika Anda terus fokus pada bisnis dan tidak terganggu dengan pikiran dari luar bisnis Anda.

Kenapa hal ini sangat penting bagi anda?, karena seperti Anda sedang membangun pondasi bangunan, maka Anda harus mempersiapkan dengan benar jangan sampai jika nantinya perusahaan tumbuh justru keuangan menjadi goyang.

3. Lakukan Penghematan Pada Pengeluaran

Tips ketiga ini, setelah Anda memahami dengan benar struktur keuangan perusahaan dengan baik, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan penghematan pada pengeluaran. Setelah Anda tahu dan mengerti arus keuangan perusahaan, maka Anda harus bisa memilah mana pengeluaran yang tidak diperlukan.

Penghematan harus tetap dilakukan untuk menjaga startup agar tetap bisa berjalan. Mengingat startup yang Anda bangun belum mendapatkan dana segar dari investor. Lakukan sebisa mungkin untuk berhemat.

4. Pastikan Startup Bisa Menyelesaikan Masalah

Dalam membangun startup, yang paling utama harus Anda pikirkan sejak awal bahwa startup yang Anda bangun benar-benar bisa menyelesaikan masalah yang ada. Hal ini sangat penting, karena ketika startup benar-benar bisa menjadi sebuah solusi dari masalah yang ada, maka potensi untuk berkembang akan lebih cepat.

Dan, ketika perkembangan itu tampak secara signifikan, maka tentunya investor akan melirik perusahaan yang sedang Anda rintis itu. Sehingga masalah pendanaan bisa teratasi dengan cepat dan efektif.

5. Terus Menggali Dan Mengerjakan Dengan Baik

Ketika Anda mengerjakan startup bisnis Anda, jangan pernah berhenti untuk terus menggali. Lakukan hal ini terus menerus dalam rangka untuk memberikan solusi maksimal pada masalah yang ada. Dan jangan lupa, lakukan semuanya sebaik mungkin agar bisa menghasilkan sesuatu yang maksimal. Sehingga, tentu muaranya adalah sebuah produk yang bermanfaat dan bisa menjadi jawaban atas masalah yang ada.

Jadi bagaimana?? Anda paham apa yang anda harus lakukan agar tetap konsisten walaupun belum mendapatkan investor untuk startup anda?? Maka tetaplah konsisten!!

Sekian pembahasan singkat saya kali ini, semoga apa yang saya share disini bermanfaat bagi anda.....
Jangan lupa baca artikel singkat saya : Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia



Resiko Keamanan bagi Seorang Petani



Resiko Keamanan Petani Dunia - Seperti yang kita ketahui bersama, bahwasanya setiap pekerjaan di muka bumi ini memiliki resiko. Resiko apapun itu. Termasuk salah satunya ialah kematian.

Pekerjaan yang memiliki tingkat resiko kematian adalah salah satunya Pertanian. Mengapa?? Silahkan anda simak penjelasan singkat dibawah ini.

Resiko Kematian pada Pertanian

Pertanian merupakan industri yang terbilang sangat berbahaya. Petani di seluruh dunia bekerja pada risiko tinggi terluka, penyakit paru-paru, hilangnya pendengaran, penyakit kulit, juga kanker tertentu karena penggunaan bahan kimia dan paparan cahaya matahari dalam jangka panjang. Pada pertanian industri, luka secara berkala terjadi pada penggunaan alat dan mesin pertanian, dan penyebab utama luka serius. Pestisida dan bahan kimia lainnya juga membahayakan kesehatan.

Pekerja yang terpapar pestisida secara jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan fertilitas. Di negara industri dengan keluarga yang semuanya bekerja pada lahan usaha tani yang dikembangkannya sendiri, seluruh keluarga tersebut berada pada risiko. Mengapa demikian? Penyebab utama kecelakaan fatal pada pekerja pertanian yaitu tenggelam dan luka akibat permesinan.

Data Kematian Akibat Kecelakaan Pada Sektor Pertanian

ILO menyatakan bahwa pertanian sebagai salah satu sektor ekonomi yang membahayakan tenaga kerja. Diperkirakan bahwa kematian pekerja di sektor ini setidaknya 170 ribu jiwa per tahun. Berbagai kasus kematian, luka, dan sakit karena aktivitas pertanian seringkali tidak dilaporkan sebagai kejadian akibat aktivitas pertanian. ILO telah mengembangkan Konvensi Kesehatan dan Keselamatan di bidang Pertanian, 2001, yang mencakup risiko pada pekerjaan di bidang pertanian, pencegahan risiko ini, dan peran dari individu dan organisasi terkait pertanian.

Bagaimana?? Sudah tau resiko resiko apa yang anda akan alami jika bertani?? Makannya, jangan anggap remeh pekerjaan petani!! Sekian...

Baca juga sob artikel ini : Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id